Selasa, 01 Maret 2011

Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu



PROGRAM STUDI
PETERNAKAN


Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian
Universitas Bengkulu
Program Studi Peternakan (PSPT) merupakan satu diantara enam  Program Studi yang berada dibawah naungan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, resmi berdiri tanggal 10 Mei 1993 berdasarkan Keputusan Dirjen DIKTI Depdiknas No. 311/DIKTI/Kep/1993. Dalam pelaksanaan kegiatan akademik, PSPT dikelola oleh Jurusan Peternakan. Saat ini, PSPT telah terakreditasi B dengan nilai 355 (dari kisaran 301-360) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 019/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2007.
Misi
1.      Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi untuk mencapai kemaslahatan dan keselamatan manusia
2.      Meningkatkan dan mengembangkan program akademik unggulan lingkungan tropis di bidang ilmu ternak yang bermitra dengan masyarakat, pemerintah, dan pengusaha.
3.      Membangun dan memperbaiki suasana dan sistem akademik untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan memiliki kompetensi yang tinggi di bidang peternakan dalam rangka mengantisipasi era global.
Tujuan
Menghasilkan lulusan (Sarjana Peternakan) yang berkualitas sesuai dengan spesifikasi bidang keahlian peternakan.

Tenaga Pengajar
Profil staf akademik JPT yang mendukung berjalannya PSPT sebanyak 25 dosen tetap lulusan Perguruan Tinggi ternama, baik dari dalam negeri maupun  dari berbagai belahan dunia, antara lain IPB (Bogor), UGM (Yogyakarta), UNPAD (Bandung), UNAND (Padang), Gifu (Jepang), Massey (Selandia Baru), Aberdeen (Skotlandia), Kentucky (Amerika), James Cook (Australia), Texas (Amerika), Bonn (Jerman), dan New South Wales (Australia). Kualifikasi pendidikan staf pengajar terdiri dari doktor (S3) 20% dan master (S2) 76% dan salah seorang staf telah menduduki jabatan Guru Besar.


Fasilitas
Fasilitas penyelenggaraan kegiatan akademik untuk PSPT berupa fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar yang tertuang dalam kurikulum dan juga peningkatan kemampuan soft skill mahasiswa, antara lain:
  1. Ruang kuliah di Gedung Kuliah Bersama dan ruang serba guna dengan fasilitas AC, komputer, LCD, dan peralatan multimedia pembelajaran.
  2. Laboratorium (in door laboratory): (1) divisi Produksi Ternak, (2) divisi Nutrisi dan Makanan Ternak, (3) divisi Teknologi Hasil Ternak, dan (4) divisi Sumber Daya Alam Hayati
  3. Zona Komersial dan Laboratorium Lapangan (out door laboratory): Kebun Hijauan dan Kandang Ternak, dengan koleksi jenis dan jumlah ternak yang lengkap, antara lain sapi potong (Bali, Madura, PO), sapi perah, kerbau, kambing, domba, ayam potong, ayam petelur, puyuh, itik petelur, kalkun, kelinci, dan rusa sambar.



Beasiswa
Mahasiswa PSPT mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa yang tersedia dengan memenuhi persyaratan oleh masing-masing pemberi beasiswa. Beasiswa yang pernah diberikan kepada mahasiswa PSPT antara lain: Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Kerja Mahasiswa (BKM), Asian Development Bank (ADB), Supersemar, Astra Motor, Bank Indonesia, Bank Bengkulu, Pertamina (BBM & PKPS BBM), beasiswa dari pemerintah Jepang, Toyota Astra, Medco Oil & Gas, dan beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa.

Profil Mahasiswa dan Kemahasiswaan
Mahasiswa PSPT berasal dari Bengkulu, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Lampung, Jambi dan Jabodetabek. Kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa tergabung ke dalam Himpunan Profesi Mahasiswa Peternakan  (Hipromater), English Club, Nihon Bunka Kai (Bahasa Jepang), Moslem Generation Club (MGC), dan lain-lain.
 
Profil Lulusan
Lulusan PSPT UNIB sampai saat ini telah tersebar baik di Propinsi Bengkulu maupun berkiprah di daerah lain, seperti Jakarta, Sukabumi, Purwakarta (Jawa Barat dan sekitarnya), Sumatera Selatan, Lampung, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan NAD. Bidang pekerjaan yang ditekuni bermacam-macam, mulai dari PNS, swasta, bank, konsultan, LSM, Sarjana Membangun Desa (SMD) dan berwiraswasta.

Kerjasama
Unib telah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak diantaranya dengan Rajamanggala University of Technology Srivijaya (RMUTSV), Tahiland; University Malaysia Kelantan (UMK); Maejo University, Yhailand; La Trobe University, Australia; Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank BNI; Bank BRI, Bank BTN, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Bengkulu, PT Japfa Comfeed, PT Unggas Jaya, Kemitraan dengan perusahaan lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar